Senin, 22 April 2013

RPP IPA kelas 1




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah           : MI Sunan Ampel Surabaya
Mata Pelajaran          : IPA
Kelas/Semester          : I (Satu)/ I (Satu)
Alokasi Waktu           : 2x35 menit

Standar Kompetensi :
2. Mengenal cara memelihara lingkungan agar tetap sehat
Kompetensi Dasar     :
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
Indikator                    :
2.2.1   Mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
2.2.2   Menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
2.2.3   Mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekitarnya.

Tujuan Pembelajaran :
1.    Siswa mampu mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.    Siswa mampu menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
3.    Siswa mampu mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekitarnya.

Materi Pembelajaran :   Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
Metode Pembelajaran :
Ø  Ceramah
Ø  Tanya jawab
Ø  Penugasan

Model Pembelajaran : Siklus Belajar
Media pembelajaran : Gambar lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
Langkah-Langkah  Pembelajaran :

1.      Kegiatan Awal
Apersepsi ( 10 menit )
·     Guru menyampaikan salam pembuka dan berdo’a bersama.
·     Guru menanyakan kabar peserta didik.
·     Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan kompetensi dasarnya.
·  Guru menggali pengetahuan awal siswa tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat dengan mengajukan pertanyaan seperti ”anak-anak, menurut kalian kelas kita ini bersih atau kotor ? kenapa ? kalau bersih itu sehat apa tidak ? kalau kotor ?” atau menanyakan berbagai pertanyaan lain yang membuat siswa tertarik untuk mempelajari tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.

2.      Kegiatan Inti  ( 50 menit )
Eksplorasi (5 menit )
·     Guru memberikan pertanyaan lanjutan sehingga mendorong siswa untuk bekerjasama tanpa instruksi langsung
·     Guru mengamati dan mendengarkan pendapat siswa ketika berinteraksi dengan temannya.
Elaborasi (40 menit)
·  Mendorong siswa untuk membuat definisi mengenai lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
·     Guru menunjukkan gambar tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
·  Guru menanyakan kepada siswa mana gambar lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
·  Guru mengajak siswa melihat lingkungan dalam ruang kelasnya.
·  Guru menanyakan kepada siswa apakah lingkungan dalam kelasnya termasuk lingkungan yang sehat atau lingkungan yang tidak sehat.
·  Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan cara menjaga lingkungan kelasnya dengan cara menyuruh siswa mengambil sampah yang ada disekitar bangku masing-masing.
Konfirmasi (5 menit)
·     Guru menjelaskan kepada siswa tentang lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat beserta ciri-cirinya.

3. Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
· Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa mengenai materi yang yang telah dijelaskan
·      Guru mengajak siswa untuk selalu menjaga lingkungan yang ada disekitarnya.
·      Guru memberikan pekerjaan rumah yang ada di buku paket halaman 5 sampai 6
·      Guru menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan berdo’a bersama.

Sumber Belajar
1.      Alat  :
·         Buku paket IPA kelas 1
·         Gambar lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
2.      Sumber :
·         Guru
·         Lingkungan
Penilaian hasil belajar                       :
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/Soal
1.    Mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
Tugas individu
Lisan dan tulis
1.   Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
2.    Menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar
~//~
~//~
2. Dari gambar ini,manakah yang termasuk lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat
3.    Mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekitarnya
~//~
~//~
3. Anak-anak, bersihkah kelas kita? Apa kelas kita bisa dikatakan kelas yang bersih dan sehat? Agar kelas kita menjadi lingkungan yang bersih dan sehat, maka mari kita membuang sampah padatempatnya.

Format kriteria penilaian
Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Performance
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Praktek
Sikap
1.
2.
3.
Dst.








·        Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 100.
·        Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

    Mengetahui                                                                              
   Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran IPA


     ..................................                                                  ..................................
     NIP :                                                                           NIP :
     

0 komentar:

Posting Komentar