Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah :
MI Sunan Ampel Surabaya
Mata Pelajaran
: IPA
Kelas/Semester
: I (Satu)/ I (Satu)
Standar
Kompetensi :
2. Mengenal cara memelihara lingkungan
agar tetap sehat
Kompetensi Dasar :
2.2 Membedakan lingkungan sehat dengan
lingkungan tidak sehat
Indikator :
2.2.1 Mengetahui
ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat.
2.2.2 Menunjukkan
lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
2.2.3
Mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan
sehat dilingkungan sekitarnya.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Siswa mampu mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan
tidak sehat
2. Siswa mampu
menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar.
3. Siswa mampu mempraktekkan
cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan sekitarnya.
Materi Pembelajaran
: Lingkungan
sehat dan lingkungan tidak sehat
Metode
Pembelajaran :
Ø Ceramah
Ø Tanya jawab
Ø Penugasan
Model
Pembelajaran : Siklus Belajar
Media
pembelajaran : Gambar lingkungan sehat dan
lingkungan tidak sehat
Langkah-Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan Awal
Apersepsi
( 10 menit )
· Guru menyampaikan salam pembuka dan
berdo’a bersama.
· Guru menanyakan kabar peserta didik.
· Guru menjelaskan tujuan pembelajaran sesuai dengan
kompetensi dasarnya.
· Guru menggali pengetahuan awal siswa
tentang lingkungan
yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat dengan mengajukan pertanyaan seperti ”anak-anak, menurut
kalian kelas kita ini bersih atau kotor ? kenapa ? kalau bersih itu sehat apa
tidak ? kalau kotor ?” atau menanyakan berbagai pertanyaan lain yang membuat
siswa tertarik untuk mempelajari tentang lingkungan
yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
2. Kegiatan Inti ( 50 menit )
Eksplorasi
(5 menit )
· Guru memberikan pertanyaan lanjutan
sehingga mendorong siswa untuk bekerjasama tanpa instruksi langsung
· Guru mengamati dan mendengarkan pendapat
siswa ketika berinteraksi dengan temannya.
Elaborasi (40 menit)
· Mendorong siswa untuk membuat definisi
mengenai lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
· Guru menunjukkan gambar tentang
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
· Guru menanyakan kepada siswa mana gambar
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat.
· Guru mengajak siswa melihat lingkungan
dalam ruang kelasnya.
· Guru menanyakan kepada siswa apakah
lingkungan dalam kelasnya termasuk lingkungan yang sehat atau lingkungan yang
tidak sehat.
· Guru mengajak siswa untuk mempraktekkan
cara menjaga lingkungan kelasnya dengan cara menyuruh siswa mengambil sampah
yang ada disekitar bangku masing-masing.
Konfirmasi
(5 menit)
· Guru menjelaskan kepada siswa tentang
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat beserta ciri-cirinya.
3. Kegiatan Akhir ( 10 Menit )
· Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa
mengenai materi yang yang telah dijelaskan
·
Guru
mengajak siswa untuk selalu menjaga lingkungan yang ada disekitarnya.
·
Guru
memberikan pekerjaan rumah yang ada di buku paket halaman 5 sampai 6
·
Guru
menutup pelajaran dengan membaca hamdalah dan berdo’a bersama.
Sumber
Belajar
1.
Alat :
·
Buku
paket IPA kelas 1
·
Gambar
lingkungan yang sehat dan lingkungan yang tidak sehat
2.
Sumber
:
·
Guru
·
Lingkungan
Penilaian hasil belajar :
Indikator
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/Soal
|
1. Mengetahui ciri-ciri lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat
|
Tugas individu
|
Lisan
dan tulis
|
1. Sebutkan ciri-ciri lingkungan sehat
dengan lingkungan tidak sehat
|
2. Menunjukkan lingkungan sehat dengan lingkungan tidak sehat melalui gambar
|
~//~
|
~//~
|
2. Dari gambar ini,manakah yang termasuk
lingkungan sehat dan lingkungan yang tidak sehat
|
3. Mempraktekkan cara menjaga lingkungan yang bersih dan sehat dilingkungan
sekitarnya
|
~//~
|
~//~
|
3.
Anak-anak, bersihkah kelas kita? Apa kelas kita bisa dikatakan kelas yang
bersih dan sehat? Agar kelas kita menjadi lingkungan yang bersih dan sehat,
maka mari kita membuang sampah padatempatnya.
|
Format kriteria
penilaian
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performance
|
Produk
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||
Pengetahuan
|
Praktek
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
Dst.
|
·
Nilai = (Jumlah skor : jumlah skor maksimal) X 100.
·
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan
Remedial.
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran IPA
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
0 komentar:
Posting Komentar